Minyak Naik Tajam Pasca OPEC+ Mengumumkan Pemangkasan Produksi

Harga minyak pada Senin petang 03 April 2023 menguat 6% lebih, karena OPEC+ secara tak terduga memotong produksi minyaknya lebih lanjut yang menurut para analis akan menyebabkan kenaikan harga minyak lebih lanjut dan melemahkan permintaan

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) Berjangka AS menguat 6,12% menjadi $80,30 per barel. Sedangkan, Harga minyak Brent Berjangka naik 6,01% menjadi $84,68 per barel.

Arab Saudi dan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang lebih dikenal OPEC+, pada hari Minggu mengumumkan pemangkasan produksi minyaknya sekitar 1,16 juta barel per hari, diluar ekspektasi sebelumnya bahwa Opec+ akan tetap mempertahankan produksi.

Keputusan tersebut membuat total volume pemotongan oleh OPEC+ dan sekutu lainnya, menjadi 3,66 juta barel per hari menurut perhitungan Reuters, setara dengan 3,7% dari permintaan global.

Arab Saudi’ Sebagai pemimpin OPEC, menyumbang porsi pemangkasan terbesar, yaitu 500.000 bph, yang diikuti oleh Irak sebesar 211.000 bph dan 144.000 bph oleh Uni Emirat Arab.

Langkah ini, tanpa diduga diumumkan pada hari Minggu menjelang pertemuan virtual Komite Menteri Gabungan OPEC pada hari Senin yang mencakup Arab Saudi dan Rusia, yang menurut analis ada kemungkinan besar hasil pertemuan tersebut akan tetap mempertahankan produksinya.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment