Minyak Naik ditengah Redupnya Harapan Gencatan Senjata Timur Tengah

Harga minyak pada Senin Petang 6 Mei 2024 menguat, ditengah pembicaraan gencatan senjata terbaru antara Israel dan Hamas tanpa menghasilkan kemajuan.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) Berjangka AS menguat 0,78% menjadi $78,72 per barel. Sedangkan, Harga minyak Brent Berjangka naik 0,65% menjadi $83,50 per barel.

Pembicaraan tentang gencatan senjata Israel-Hamas dirusak oleh serangan yang terus berlanjut, Laporan media lokal mengatakan bahwa pembicaraan terakhir gencatan senjata antara delegasi Israel dan Hamas telah berakhir di Mesir tanpa ada kesepakatan yang dicapai.

Hal ini terjadi ketika Israel telah melancarkan serangan dahsyat yang menewaskan sedikitnya 10 orang di Rafah, Serangan tersebut merupakan pembalasan atas serangan rudal Hamas ke perlintasan Kerem Shalom sebuah jalur utama untuk menyalurkan bantuan ke Gaza. Israel juga menutup penyeberangan tersebut setelah serangan rudal.

Konflik yang terus berlanjut ini menunjukkan sedikit tanda-tanda de-eskalasi, membuat ekspektasi kerusuhan geopolitik di Timur Tengah masih tetap ada. Hal ini menjadi faktor dalam beberapa spekulasi bahwa gangguan yang terus berlanjut di wilayah yang kaya akan minyak ini pada akhirnya akan mengurangi pasokan minyak mentah.

Sementara itu, Harga minyak pada minggu sebelumnya mengalami penurunan tajam karena prospek memburuknya permintaan, terutama imbas dari melambatnya ekonomi AS dan negara-negara lain seiring inflasi dan suku bunga yang tetap tinggi.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment