Minyak Naik Dipicu Pengurangan Pasokan dan Kekhawatiran Ekonomi

Harga minyak pada Selasa petang 04 Juli 2023 menguat, karena pasar menimbang adanya pemangkasan pasokan dari Arab Saudi dan Rusia ditengah kenaikan minyak tertahan oleh tanda-tanda memburuknya aktivitas ekonomi di seluruh dunia.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) Berjangka AS menguat 2,09% menjadi $71,25 per barel. Sedangkan, Harga minyak Brent Berjangka naik 1,96% menjadi $76,11 per barel.

Rusia mengatakan akan memangkas ekspor minyaknya sebesar 500.000 barel per hari(bph). Sedangkan, Arab Saudi baru saja mengumumkan akan memperpanjang pemangkasan pasokan minyaknya sebesar 1 juta (bph) hingga bulan Agustus dan kemungkinan bisa di perpanjang lebih dari itu.

Akan tetapi, optimisme atas pemangkasan pasokan minyak sebagian besar diredam oleh rilis data aktivitas manufaktur AS, Jerman, dan China pada hari Senin yang menunjukan adanya pelemahan, Hal ini menimbulkan lebih banyak kekhawatiran akan kondisi ekonomi global yang memburuk tahun ini, sehingga menekan permintaan minyak mentah.

Sementara itu, Fokus minggu ini tertuju pada isyarat lanjutan mengenai kebijakan-kebijakan moneter AS, dimulai dengan risalah rapat The Fed bulan Juni, yang akan diumumkan pada Rabu setempat. Bank sentral AS telah mempertahankan suku bunganya bulan lalu, tetapi mengisyaratkan ada setidaknya dua kenaikan lagi tahun ini.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment