Lebih Menguntungkan Mana Investasi Emas Batangan atau Perhiasan

Logam mulia khususnya emas selalu menjadi primadona semua orang dalam melakukan investasi. Ini karena metodenya lebih mudah dibandingkan bentuk investasi yang lainnya dan juga sangat menyulitkan bagi para investor pemula. Jika Anda berminat untuk melakukannya pula, maka sebaiknya Anda harus memilih dulu antara investasi emas batangan atau perhiasan sebab keduanya sama-sama punya kelebihan namun ada juga kekurangannya.

Apakah Investasi Emas Batangan Akan Memberikan Hasil Baik Daripada Perhiasan?

Lebih Menguntungkan Mana Investasi Emas Batangan atau Perhiasan

Bagi para orang awam, bentuk emas yang paling umum adalah perhiasan. Ini sudah populer bahkan sejak masa lalu dan bentuk perhiasan digunakan untuk investasi sejak dini. Namun dibandingkan dengan bentuk investasi lainnya, perhiasan emas ini merupakan satu-satunya bentuk investasi yang dapat menunjang kecantikan dan juga rasa glamor bagi mereka yang memilikinya. Namun ada banyak orang yang ingin tahu mana yang lebih baik antara investasi emas batangan atau dalam bentuk perhiasan.

Jika berbicara tentang emas batangan, maka bentuk ini merupakan yang paling disenangi dan juga lebih banyak dipilih dalam kurun beberapa tahun terakhir ini. Emas batangan yang dianggap paling populer di Indonesia adalah buatan dari PT. Antam dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya seperti harga emas yang akan selalu stabil, Emas batangan ini harnya cenderung lebih stabil dan nilai jualnya kembali sangat tinggi. Ini semua dikarenakan produsen sama sekali tidak memberikan beban biaya pembuatan untuk konsumen.

Selain itu, emas batangan memiliki nilai jual yang begitu tinggi sehingga sangat cocok ketika emas ini digunakan dalam bentuk investasi jangka panjang. Anda tidak perlu melakukan apapun lagi karena Anda hanya perlu mencoba menyimpannya. Selain itu, emas ini pun juga dijadikan untuk komoditi trading dengan cara membeli emas ketika harganya sedang turun dan menjualnya begitu harganya naik, Anda harus selalu melihat catatannya. Bahkan jika dilihat dari segi keamanan, emas dinilai jauh lebih murah dan juga selalu terjamin keamanannya.

Apakah Ada Kelemahan Dari Investasi Emas Batangan Daripada Perhiasan?

Ini karena adanya sertifikat berisi deskripsi detail dari emas tersebut sehingga tidak akan ada penipuan apapun dan Anda bisa melakukan investasi emas batangan dengan sangat aman. Dikarenakan emas batangan ini hanya diproduksi oleh PT. Antam sebagai perusahaan yang resmi, maka jelas jika kemurnian emasnya pun akan terjamin. Akan tetapi, banyak pula orang yang beranggapan bahwa modal yang diperlukan untuk melakukan investasi dengan emas batangan ini jauh lebih besar.

Baca Juga : Pilihan Investasi jangka pendek yang memberikan untung lebih cepat

Emas antam hanya dibeli dengan harga setiap gramnya. Namun akan sangat sulit untuk menemukan emas batangan antam yang memiliki berat 1 gram saja seperti layaknya perhiasan emas lainnya. Seringkali, emas batangan ini akan muncul dalam beberapa berat minimal 5 gram, 10 gram maupun 25 gram. Artinya 5 gram emas itu saja sudah membuat Anda harus mengeluarkan uang 5 kali lipat lebih tinggi dibandingkan membeli perhiasan yang sudah jelas pula memiliki berat yang lebih rendah untuk beberapa tipe perhiasan.

Belum lagi, banyak pula orang yang berpendapat bahwa akses untuk membeli emas batangan ini terbatas dan tidak bisa dengan mudahnya ditemukan di berbagai toko perhiasan. Emas batangan hingga saat ini mash belum dapat pula diakses oleh semua pihak yang ada. Perusahaan Antam saja hanya tersedia di beberapa kota yang besar saja. Anda yang mungkin tinggal di pedesaan sekaligus jauh dari media perbankan jelas menemui hambatan untuk melakukan invetasi emas antam itu.

Baca Juga : 7 Cara investasi saham secara online bagi pemula

Karena itulah, begitu penting bagi banyak orang untuk selalu bisa memilih dengan cermat investasi emas batangan atau perhiasan sehingga benar-benar akan membantu Anda dalam menyesuaikan modal yang ada untuk mulai berinvestasi.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment