Harga Minyak Turun Dipicu Melambatnya Pemulihan Ekonomi AS

Harga minyak jatuh pada perdagangan Kamis 24 September 2020, Turunnya harga minyak terjadi dipicu kekhawatiran melambatnya pemulihan ekonomi AS dampak pandemi covid-19 dan gelombang baru virus di Eropa .

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) Berjangka AS melemah 0,85% menjadi $39,52 per barel. Sedangkan, Harga minyak Brent Berjangka turun 0,76% menjadi $41,32 per barel.

Kekhawatiran atas prospek permintaan minyak dan melambatnya pemulihan ekonomi akibat peningkatan jumlah infeksi virus telah mendorong penguatan dolar karena investor memilih beralih ke aset aman sehingga menambah tekanan pada harga minyak.

Sementara, Pada Rabu waktu setempat data pemerintah AS menunjukkan penurunan pasokan minyak mentah dan bahan bakar pada minggu lalu. Pasokan gasolin turun sebesar 4 juta barel dan pasokan sulingan turun 3,4 juta barel melebihi perkiraan.

Meski pasokan turun tapi permintaan bahan bakar di AS masih tetap lemah karena pandemi covid-19 membatasi perjalanan. Rata-rata perbulan permintaan bensin sebesar 8,5 juta barel per hari, data pemerintah tersebut menunjukkan, turun 9% dari periode waktu yang sama pada tahun sebelumnya.

Disisi lain, Prancis pada kamis menjadi negara terbaru yang telah memperlakukan pembatasan lebih ketat pada pertemuan sosial dan mengumumkan batasan pada jam malam di bar dan restoran hanya sampai pukul 10 malam serta menerapkan tindakan lainnya guna mencegah penyebaran virus.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment