Harga Minyak Naik Sebelum Rilis Data Inflasi Utama AS

Harga minyak pada Rabu pagi 12 Juli 2023 menguat, Sebelum rilis data inflasi utama AS ditengah fokus pasar tertuju pada potensi peningkatan stok minyak AS.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) Berjangka AS menguat 0,25% menjadi $75,02 per barel. Sedangkan, Harga minyak Brent Berjangka naik 0,23% menjadi $79,58 per barel.

Data inflasi utama indeks harga konsumen (IHK) hari Rabu diperkirakan akan menunjukkan inflasi utama yang lebih rendah dan dapat mendorong sedikit perlambatan rally minyak baru ini, Sedangkan inflasi IHK inti diperkirakan akan tetap tinggi.

Inflasi inti yang tetap tinggi sebagian besar diperkirakan akan mengundang lebih banyak kenaikan suku bunga Fed untuk mendinginkan tekanan harga yang tinggi. Bank sentral diharap menaikkan suku bunga setidaknya 25 basis poin dalam rapat akhir Juli, dengan sejumlah petinggi memperingatkan ada lebih banyak kenaikan akan terjadi.

Akan tetapi, Beberapa pejabat Fed juga memberi pertanda bahwa Fed hampir menyelesaikan siklus kenaikan suku bunganya, yang memicu rally aset-aset yang didorong oleh risiko minggu ini.

Sementara itu, Data dari American Petroleum Institute (API) secara tak terduga menunjukkan cadangan minyak AS dalam seminggu hingga 7 Juli meningkat lebih dari 2 juta barel.

Data API biasanya menunjukan indikasi angka yang sama dengan Data Energy Information Administration yang akan dirilis pada hari Rabu, yang diperkirakan akan turun 2,2 juta barel.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment