Harga Minyak Melemah Imbas Uni Eropa Baikot Minyak Dari Rusia

Harga minyak pada Rabu 1 Juni 2022 melemah, Setelah para pemberi kebijakan Uni Eropa berhasil mencapai kesepakatan untuk memboikot 90% minyak yang berasal dari Rusia di akhir tahun ini.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) Berjangka AS melemah 0,40% menjadi $114,67 per barel. Harga tertinggi kemarin sempat menyentuh harga di kisaran $119.96, tertinggi sejak dua bulan.

Lonjakan harga minyak yang terjadi kemarin didorong oleh kesepakatan Uni Eropa soal embargo minyak Rusia, setelah deadlock sempat terjadi karena Hungaria menghentikan perundingan. Hungaria sendiri adalah pengguna utama minyak Rusia dan pemimpinnya, Viktor Orban, merupakan teman lama presiden Rusia, Vladimir Putin.

Charles Michel, presiden Dewan Eropa, mengatakan bahwa langkah tersebut akan segera berdampak pada 75% impor minyak Rusia.

Embargo minyak merupakan salah satu dari enam paket sanksi yang dijatuhkan Uni Eropa atas Rusia sejak negara tersebut menginvasi negara Ukraina. Pembicaraan penerapan sanksi tersebut telah dimulai sejak awal bulan lalu. Seperti adanya laporan dari The Wall Street Journal.

Dalam pernyataan Dewan Eropa yang dirilis tanggal 31 Mei 2022, dinyatakan bahwa Dewan Eropa menyetujui bahwa enam paket sanksi yang dijatuhkan atas Rusia termasuk minyak mentah, termasuk produk-produk minyak yang dikirim Rusia melalui negara-negara anggota Uni Eropa, dengan pengecualian sementara pengiriman melalui jalur pipa.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment