Harga Minyak Dunia Menguat Mendekati Harga $100 Per Barel

Harga minyak pada Selasa 19 September 2023 menguat dan telah mendekati $95 per barel di awal sesi, dipicu kekhawatiran pengetatan pasokan minyak mentah secara global.

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) Berjangka AS menguat 0,98% menjadi $91,47 per barel. Sedangkan, Harga minyak Brent Berjangka naik 0,87% menjadi $95,25 per barel.

Naiknya harga minyak dikarenakan defisit pasokan yang berasal dari pengurangan produksi oleh Arab Saudi dan Rusia yang sudah berlangsung lama dan lemahnya produksi minyak serpih melebihi kekhawatiran terhadap permintaan.

Arab Saudi dan Rusia pada bulan ini telah memperpanjang pengurangan pasokan gabungan sebesar 1,3 juta barel per hari (bpd) hingga akhir tahun.

Sementara itu, Produksi minyak AS dari area penghasil serpih terbesar juga diperkirakan turun selama tiga bulan berturut-turut pada bulan Oktober ke level terendah sejak bulan Mei 2023, Laporan dari Badan Informasi Energi AS dalam laporan bulanannya.

Menteri Energi Arab Saudi Pangeran “Abdulaziz” bin Salman, pada hari Senin telah menyatakan pembelaannya terhadap pemotongan pasokan pasar minyak oleh OPEC+, dengan mengatakan bahwa pasar energi internasional perlu regulasi yang ringan untuk membatasi volatilitas, sekaligus memperingatkan ketidakpastian mengenai permintaan Tiongkok, pertumbuhan Eropa, dan tindakan bank sentral untuk mengatasi inflasi.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment