Harga Emas Turun Menjelang Pidato Ketua Federal Reserve AS

Harga emas melemah pada Jum’at 26 Agustus 2022, Menjelang pidato Ketua Federal Reserve ‘Jerome Powell’ dalam pertemuan Jackson Hole bank sentral yang memberikan pertunjuk tentang kebijakan Fed di masa depan.

Harga Emas berjangka AS melemah sebesar 1,30% menjadi $1.748,30 per ons. Perak merosot 1,98% menjadi $18,742 per ons. Sedangkan, Indeks dolar AS yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya, naik 0,1%, masih di bawah level tertinggi 20 tahun awal minggu ini.

Spekulasi atas sikap ketua Fed ‘Jerome Powell’ tentang kebijakan moneter telah membebani greenback dalam beberapa sesi terakhir, namun mendorong logam mulia mencapai kenaikan tiga hari secara berturut-turut.

Akan tetapi, Daya tarik terhadap emas (sebagai tempat berlindung yang aman tahun ini) sebagian besar telah pudar dari dolar AS, karena The Fed menaikkan suku bunga besar-besaran untuk meredam inflasi yang tak terkendali. Hal ini mendorong imbal hasil Treasury serta meningkatkan daya tarik terhadap dolar.

Sementara itu, Rilis data ekonomi AS yang positif pada hari Kamis juga memberi lebih banyak ruang bagi Fed untuk melanjutkan laju kenaikan suku bunga yang agresif. dan Revisi PDB kuartal II menunjukkan kontraksi yang lebih kecil dari perkiraan semula, Seiring data klaim pengangguran AS turun dalam dua minggu berturut-turut.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment