Harga Emas Naik ditengah Sentimen Kesepakatan Perdagangan

Harga emas pada perdagangan Hari ini Rabu 15 Januari 2020 menguat, di tengah kekhawatiran bahwa kesepakatan perdagangan Tahap 1 antara AS dan Cina sampai terwujudnya kesepakatan tahap kedua.

Harga Emas Jatuh Akibat Optimisme Dagang AS-China

Perdagangan hari ini, Harga emas sudah mengalami kenaikan sebesar 0,06 persen menuju ke level harga 1,546. Sementara itu para pelaku pasar dan investor akan terus memfokuskan diri para kesepakatan dagang tersebut. Pasalnya jika sesuai rencana, kesepakatan akan ditandatangani oleh perwakilan kedua negara. Sehingga poin-poin yang menjadi komitmen akan mulai dibuka untuk umum.

Perang dagang yang melibatkan kedua negara besar AS dan China hampir berjalan selama dua tahun terakhir, sangat melukai ekonomi kedua negara dan ekonomi global. Dengan adanya penandatanganan kesepakatan ini, maka diharapkan akan menumbuhkan perdagangan global yang sempat mengalami perlambatan.

Menurut laporan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada Selasa waktu setempat bahwa tarif atas barang-barang asal Cina akan tetap berlaku sampai berakhirnya kesepakatan tahap dua kedua negara antara Amerika Serikat dan China, kendati kedua belah pihak diperkirakan akan menandatangani kesepakatan sementara pada hari Rabu ini.

Presiden AS Donald Trump dan Liu dijadwalkan menandatangani dokumen setebal 86 halaman di Gedung Putih dan akan dihadiri lebih dari 200 tamu undangan yang berasal dari berbagai kalangan bisnis, pemerintah dan diplomatik.

Inti dari kesepakatan yang dilakukan kedua negara adalah janji Cina untuk membeli produk impor tambahan asal AS senilai $200 miliar selama dua tahun ke depan untuk memotong defisit perdagangan AS yang mencapai $420 miliar pada tahun 2018 silam.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment