Emas Menguat, Pasar Tenaga Kerja AS Jadi Fokus Utama

Harga emas menguat pada Jum’at petang 24 November 2023, Ditengah fokus pasar kini beralih ke angka aktivitas bisnis kedepan untuk mendapat lebih banyak pertanda tentang ekonomi terbesar di dunia.

Harga Emas berjangka AS menguat 0,31% menjadi $1.999,05 per ons. Sedangkan, Perak melonjak 2,42% menjadi $24,262 per ons.

Emas di awal-awal bulan November mengalami peningkatan tajam karena pasar berharap bahwa The Fed tidak akan menaikkan suku bunga lebih lanjut. Akan tetapi, Bank sentral mengatakan masih ada kemungkinan potensi menaikan lagi suku bunga yang lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama, Hal ini membuat kenaikan logam mulia di masa depan masih diragukan.

Kenaikan emas juga dibatasi oleh data pasar tenaga kerja yang kuat dan sinyal hawkish dari The Fed yang menimbulkan keraguan mengenai kapan bank sentral berencana untuk mulai memangkas suku bunga.

Sementara itu, Tanda-tanda pelemahan ekonomi AS juga memberikan ruang gerak yang terbatas bagi The Fed untuk mempertahankan suku bunga yang lebih tinggi dan juga meningkatkan kemungkinan penurunan suku bunga lebih awal.

Angka PMI yang lemah dari zona euro dan Jepang juga mengindikasikan tren ekonomi yang melemah di seluruh dunia, yang pada gilirannya dapat mendukung permintaan safe haven untuk emas.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment