Dolar AS Naik ditengah Perang Dagang AS dan China

Dolar AS naik pada pada perdagangan hari Kamis untuk membukukan kenaikan empat bulan berturut-turut, karena perselisihan perdagangan antara Cina dan Amerika Serikat yang mendorong para pedagang ke dalam mata uang yang dianggap aman termasuk greenback.

Permintaan safe-haven mengangkat dolar ke level tertingginya dua tahun terhadap sekeranjang mata uang utama pekan lalu. Sedangkan, Wall Street stabil setelah penurunan tajam karena kekhawatiran perdagangan.

Dikutip dari reuters, Indeks yang melacak dolar terhadap enam mata uang utama naik 0,1 persen pada 98,246. Menuju 98,371 seminggu yang lalu, menandai level terkuat sejak Mei 2017.

Indeks dolar AS telah meningkat sekitar 0,76 persen pada bulan Mei, menempatkannya ke posisi untuk kenaikan empat bulan berturut-turut.

Euro dan sterling bertahan di atas level support utama juga menahan momentum greenback, masing-masing di $ 1,11 dan $ 1,26, kata para analis.

Greenback kemungkinan akan memperpanjang kemenangan beruntun bulanannya terhadap euro, yang dimulai pada Januari.

Tanda-tanda ekonomi zona euro melorot, bersama dengan kekhawatiran tentang kebangkitan partai-partai politik skeptis euro di negara-negara anggota, yang telah melukai mata uang tunggal.

Euro turun 0,07 persen pada $ 1,1123, menuju $ 1,1105 dalam sepekan, yang merupakan level terendah dua tahun terakhir. Sementara, Dolar juga tetap tangguh terhadap yen, meskipun lingkungan berisiko menolak.

Greenback naik 0,21% persen pada 109,82 yen, rebound dari level terendah dua minggu pada hari Rabu.

Analis mengatakan yen, mata uang safe-haven yang didukung oleh status Jepang sebagai negara kreditor terbesar di dunia, relatif lemah karena permintaan domestik untuk dolar.

“Karena ada penjualan yen yang terus-menerus dan pembelian dolar dari investor Jepang ketika kurs mendekati level 109,10 per dolar, tidak mudah bagi yen untuk naik di atas level 109,” kata Yukio Ishizuki, ahli strategi mata uang senior di Daiwa Securities.

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment