7 Cara Investasi Saham Secara Online Bagi Pemula

Ketika berbicara tentang saham, pasti orang awam langsung berpikir tentang Wall Street yang dianggap domain satu-satunya melakukan transaksi saham apapun. Namun dalam 20 tahun ini, investasi saham sudah sangat disukai oleh masyarakat bahkan juga dari semua golongan karena adanya broker online. Sebelum memasuki sistem saham online, para investor biasanya hanya akan bergantung pada yang disebut dengan pialang saham sebagai perantaranya.

Apa yang Harus Dilakukan Pemula Ketika Memulai Investasi Saham?

Cara Investasi Saham Secara Online Bagi Pemula

Pialang saham ini memiliki tugas menjual dan membeli saham atas nama dari investor. Namun dengan adanya kecanggihan teknologi masa kini, investor bisa menjadi trader yang melakukan segalanya sendiri baik itu penjualan maupun pembelian saham. Dengan internet, maka investasi saham ini bisa dilakukan hanya dalam waktu sepersekian detik. Namun tentu saja, Anda tidak bisa hanya sekedar langsung terjun ke dalamnya karena ada cara aman untuk para pemula yaitu:

  • Memilih stok yang paling tepat

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan yang pertama adalah melakukan analisa dasar lebih dulu dengan mencoba memperhitungkan laporan keuangan dan pernyataan publik guna menilai kesehatan bisnis. Analisa ini membutuhkan beberapa perangkat dalam memilih stoknya seperti laporan laba dan rugi, neraca, kuartalan, laba tahunan dan juga rilis berita dari perusahaan.

  • Melakukan layanan dagang saham secara pribadi

Jangan lupa untuk bisa mencermati cara melakukan investasi dalam bentuk saham ini secara online dan kaitannya dengan adanya layanan dagang online yang akan digunakan nantinya. Anda harus menyadari hal ini karena bisa memberikan dampak terhadapn bottom line. Sebelum melakukan kerja sama dengan broker yang Anda inginkan, maka perhatikan lebih dulu pilihan investasinya, penelitian, sumber daya dari pendidikan, praktek keamanan, memperhatikan harga maupun berbagai layanan yang penting.

  • Melakukan latihan

Jangan malas untuk belajar dan juga menggali pengetahuan yang lebih baik tentang saham ini. Anda bisa latihan melalui podcast dan mencoba mendengarkannya, mengikuti kursus investasi maupun juga membaca situs keuangan. Jangan lupa pula untuk mencoba mendaftar sebagai anggota dalam komunitas bisnis maupun investasi yang ada di sekitar Anda untuk dapat memperoleh kesempatan melakukan diskusi dengan para trader lain.

Baca Juga : Yang Harus dihindari Trader Saat Mulai Belajar Trading Forex

  • Memulai lakukan investasi

Ini adalah hal yang sangat wajar jika Anda takut untuk memulai investasi ini. Namun supaya Anda memperoleh hasil yang sangat baik, maka cobalah untuk mulai membangun lebih dulu pondasi dengan sangat kuat sekaligus menginvestasikan dana itu secara bertahap. Namun ada hal yang juga harus Anda cermati disini yaitu jangan pernah menanamkan dana yang sebenarnya masih sangat Anda butuhkan apalagi jika hal itu akan membuat kondisi perekonomian pribadi Anda pun juga terguncang.

  • Melakukan diversifikasi dalam investasi

Saham bagi para pemula memang menjadi daya tarik tersendiri dan potensi untuk meraih untungnya pun besar namun sumber penghasilannya tidak bisa selalu menjadi andalan. Cobalah untuk dapat mempertimbangkan lebih dulu menanamkan sebagian dana yang Anda miliki dalam dana indeks yang memiliki banyak saham sekaligus Anda transaksikan online.

  • Membuat perencanaan dengan matang dan baik

Masalah dari investasi saham ini adalah hal yang tidak rasional dan logis. Sekali lagi, jangan pernah mengandalkan insting maupun naluri apalagi untuk melakukan bisnis saham. Cobalah mempertimbangkan berbagai macam situasi yang membuat Anda harus membeli maupun menjual saham tersebut yang mungkin ada kaitannya dengan resiko yang bisa terjadi.

  • Selalu belajar dan tidak malas

Langkah sukses untuk bisa berhasil dalam melakukan bisnis saham ini adalah selalu tekun karena tidak ada yang instan di dunia ini. Jangan pernah ragu sedikitpun untuk dapat menginvestasikan waktu dan materi guna memperoleh dasar ilmu di dalam sistem dagang saham.

Baca Juga : Perbedaan Reksadana Syariah dan Konvensional dalam Investasi

Setelah semua teori yang Anda miliki terpenuhi, maka Anda bisa mencobanya di dalam pasar riil namun sekali lagi, jangan pernah ragu melakukan investasi saham karena Anda tidak akan pernah sukses jika merasa takut.

Silahkan beri penilaian untuk artikel ini:

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Klik icon dibawah untuk Membagikan Tulisan ini

Leave a Comment